Minggu, 11 Juli 2010

Demi Masa Depan Bersama Ilmu Komunikas

Empat tahun sudah Jurusan Ilmu Komunikasi UMS berdiri. Dengan adanya visitasi dari BAN PT membuktikan bahwa kita semua telah jauh melangkah. Tak ada kata yang lebih tepat selain kata syukur. Tentu saja, syukur itu akan lebih lengkap saat kita terus memberikan yang terbaik dalam momentum yang sangat menentukan masa depan seluruh sivitas akademika Ilmu Komunikasi UMS.

Pada saat visitasi nanti, asesor pasti akan banyak mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mahasiswa, dosen maupun karyawan. Pertanyaan biasanya akan diawali dengan: apa visi misi Ilmu Komunikasi UMS? Kawan-kawan mahasiswa diharapkan dapat menjawab pertanyaan itu dengan tangkas.


Visi Jurusan Ilmu Komunikasi: menjadi pusat unggulan dalam penerapan dan pengembangan Ilmu Komunikasi serta menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dalam mengabdikan pengetahuan dan keahlian yang diperoleh bagi kemaslahatan masyarakat, negara, dan agama.


Misi Jurusan Ilmu Komunikasi:

Berdasakan visi yang telah ditetapkan, maka misi Prodi Ilmu Komunikasi UMS adalah:
a. Mendidik mahasiswa agar menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang komunikasi berdasarkan nilai-nilai keislaman sesuai kompetensi akademik dan profesional.
b. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang Ilmu Komunikasi.
c. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat.
d. Menggalang kemitraan dengan pihak lain, meliputi: perguruan tinggi, instansi pemerintah, dan swasta.
Tujuan Ilmu Komunikasi UMS adalah
a. Melaksanakan proses pembelajaran yang terencana dengan baik efektif dan efisien.
b. Menghasilkan lulusan di bidang Public Relations, Advertising, dan Broadcasting yang memiliki kemampuan akademis maupun praktis, profesional, dan berakhlak mulia serta mempunyai daya saing di industri komunikasi.
Menghasilkan lulusan di bidang Public Relations, Advertising, dan Broadcasting yang mampu berpartisipasi dalam pemecahan berbagai masalah sosial yang terkait dengan bidang Ilmu Komunikasi

Pusat unggulan yang disebut dalam pernyataan visi berarti, Jurusan Ilmu Komunikasi ingin menjadi sumber ilmu pengetahuan tentang ilmu komunikasi yang berkiblat pada nilai-nilai keislaman.


Pertanyaan pun akan berlanjut: “bagaimana Jurusan Ilmu Komunikasi menyosialisasikan visi misinya?”. Untuk persiapan atas pertanyaan ini, Jurusan Ilmu Komunikasi telah melakukan audiensi yang berisi tentang sosialisasi visi misi kepada mahasiswa. Jurusan juga menyosialisasikan visi misinya dalam acara PPA.


Selama ini, untuk mencapai visi misi tersebut, Jurusan Ilmu Komunikasi telah mengupayakannya melalui beberapa mata kuliah. Dalam kurikulum yang telah berjalan, terdapat mata kuliah tentang teori-teori komunikasi, broadcasting, advertising maupun Public relation. Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan pendidikan islam melalui mata kuliah studi islam yang harus ditempuh selama 3 semester.


Adapun kompetensi utama yang diharapkan jurusan pada mahasiswa adalah: menguasai Ilmu Komunikasi yang memadai, mampu memahami dan menganalisis permasalahan komunikasi, bertindak secara profesional dalam pekerjaan bidang komunikasi, dan berperilaku etis dan bertanggung jawab.


Kompetensi utama saja tidaklah cukup. Mahasiswa harus dibekali kompetensi pendukung agar mereka siap saat menghadapi dunia kerja yang sangat ketat. Berikut kompetensi pendukung yang harus ada dalam diri mahasiswa:

a. Manajemen Komunikasi (PR)
Lulusan konsentrasi Public Relations mampu melakukan penulisan naskah humas, pembinaan hubungan dengan stakeholders, penanganan isu dan krisis organisasi, pengelolaan program Corporate Social Responsibility, pengelolaan citra dan reputasi organisasi, dan perencanaan dan pelaksanaan acara.
b. Komunikasi Pemasaran (Advertising)
Lulusan konsentrasi Periklanan (Advertising) mampu melakukan riset, merumuskan strategi, membuat copywriting, memahami teknik periklanan kontemporer, sistematika, mekanisme dan prosedur pembuatan iklan, dan melakukan perencanaan media (media planning dan media buying).
c. Jurnalistik Terapan (Broadcasting)
Lulusan konsentrasi Penyiaran (Broadcasting) mampu melakukan reportase, penulisan naskah berita, perancangan program, pengelolaan media massa, dan analisis isi media penyiaran.

Kompetensi utama berusaha kami bangun melalui mata kuliah-mata kuliah non konsentrasi. Mata kuliah-mata kuliah tersebut mengajarkan mahasiswa mengenai dasar-dasar dalam ilmu komunikasi. Sehingga lewat mata kuliah tersebut, mahasiswa dapat melihat dan menganalisis problematika dunia komunikasi dengan teori-teori yang telah diajarkan. Sedangkan kompetensi pendukung dicapai dari mata kuliah-mata kuliah konsentrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


CALENDER